logo megas-online.com

INI LHO TIPS BERSEPEDA DI TENGAH WABAH CORONA

  • Editor: Luddy Eko dari berbagai sumber

  • Sunday, 19 July 2020

ilustrasi

Jakarta, Megas-online.com: Bersepeda tengah menjadi trend olahraga masyarakat di tengah pandemi corona. Selain mampu menjaga kebugaran tubuh, kegiatan di luar ruang tersebut juga menyenangkan.

Meski begitu olahraga yang bisa dilakukan bersama-sama teman, kawan dan kerabat itu haruslah tetap mematuhi protokol kesehatan demi mencegah penularan virus corona yang masih belum bisa dikendalikan hingga saat ini.

Spesialis kedokteran olahraga yang juga Direktur Slim & Health Sports Center Jakarta, dr Michael Triangto SpKO memberikan beberapa tips agar tetap aman dan sehat saat bersepeda di tengah pandemi.

Sebaiknya sebelum bersepeda keluar rumah, harus senantiasa memakai kelengkapan-kelengkapan keselamatan seperti helm, masker yang sesuai, pelindung mata, siku dan lutut, pakaian yang sesuai untuk bersepeda, kaos kaki dan juga sepatu bersepeda.

“Hal lain yang perlu diperhatikan adalah selalu membawa minum dan handsanitizer sendiri agar senantiasa dapat membersihkan tangan disaat-saat yang diperlukan,” ungkap Dr Michael, Minggu (19/07/2020). Pesepeda juga harus memperhatikan tinggi sadel yang tepat agar tidak mengalami gangguan pada daerah sendi lutut. 

Selain itu sebelum bersepeda tentukan terlebih dahulu tujuan dari kegiatan itu misalnya jika diperuntukkan bagi kesehatan tentunya harus mencapai gol dimana tingkat kesehatan pelakunya harus menjadi lebih baik dari pada sebelum memulai olahraga bersepeda.

Ia menambahkan, bersepeda merupakan salah satu olahraga aerobik yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan dapat membantu mengatasi penyakit seperti hipertensi, diabetes melitus, gangguan lemak tubuh, asthma selama dilakukan dalam program yang benar juga sesuai dengan kondisi kesehatan dan kemampuan saat itu.*