logo megas-online.com

INI BAHAYANYA BAGI YANG SUKA TURUNKAN MASKER KE DAGU

  • Editor: Luddy Eko dari berbagai sumber

  • Sunday, 12 July 2020

ilustrasi

Jakarta, Megas-online.com: Masyarakat disarankan untuk sekalian melepas masker penutup hidung dan mulutnya saat makan, minum atau berbicara di tempat umum daripada menurunkannya ke dagu. 

"Kita tidak menyadari bahwa menurunkan masker ke dagu itu sama dengan mencemari bagian dalam masker dengan penyakit yang mungkin nempel di dagu," kata Juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19, Achmad Yurianto, dalam konferensi pers yang disiarkan BNPB pada Minggu (12/07/2020).

Dijelaskannya, ada informasi yang menyebutkan bahwa virus corona bisa bertahan lama di udara, termasuk di semua bagian tubuh manusia, seperti wajah, leher dan juga dagu. Saat melakukan aktivitas dengan mulut, biasanya warga akan memilih menurunkan maskernya untuk sementara.

"Saat kita naikan lagi ke atas, itu tidak memberikan makna yang baik untuk kita. Oleh karena itu kalau memang terpaksa harus melepas masker, lepas. Jangan disangkutkan ke dagu karena droplet kita atau kuman penyakit yang ada di luar, yang mungkin nempel di dagu, akan pindah ke bagian dalam masker kita," lanjutnya.

Ia juga kembali menekankan pada masyarakat untuk selalu memakai masker bila berada di luar rumah demi mencegah penularan virus Corona yang belum sepenuhnya bisa dikendalikan penularannya sampai saat ini. 

Data yang ada padanya hingga Minggu (12/07/2020) hari ini menunjukkan adanya penambahan 1.681 kasus baru Corona sehingga total akumulasinya menjadi 75.699 kasus. Dari jumlah tersebut sebanyak 35.638 orang berhasil sembuh, sementara 3.606 lainnya meninggal dunia.*