logo megas-online.com

INI BENTUK BANTUAN PEMERINTAH RI UNTUK MENOLONG UMKM YANG TERIMBAS COVID-19

  • Editor: Luddy Eko dari berbagai sumber

  • Thursday, 18 June 2020

Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto

Jakarta, Megas-online.com: Pemerintah RI menyiapkan anggaran sebesar Rp 123,46 triliun untuk menolong para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang terdampak pandemi Covid-19.

Pernyatan tersebut disampaikan Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto, saat menjadi pembicara dalam Webinar Reset & Transformasi Ekonomi (Economic Reset & Transformation), Kamis (18/06/2020).

Anggaran tersebut dialokasikan dalam bentuk relaksasi kredit berupa subsidi bunga, penempatan dana untuk perbankan agar segera bisa restrukturisasi, jaminan, persiapan modal kerja baru, PPH final untuk UMKM yang ditanggung pemerintah, dan pembiayaan untuk LPDB. 

“Sedangkan untuk kartu Pra Kerja hanya untuk pegawai yang terkena PHK,” ujarnya dalam diskusi bertajuk ‘Mendorong Peran Dunia Usaha dalam Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional’ tersebut sebagaimana dikutip dari finance.detik.com.

Terkait dengan subsidi bunga, pemerintah menggelontorkan Rp 35,28 triliun untuk 60.66 juta rekening UMKM. Dari anggaran tersebut, Rp 27,26 triliun untuk subsidi bunga yang diajukan melalui BPR, perbankan, dan perusahaan pembiayaan. 

Kemudian Rp 7,53 triliun untuk subsidi yang diajukan melalui KUR, UMi, Mekaar, dan Pegadaian. Lalu Rp 0,49 triliun untuk pengajuan melalui online, koperasi, petani, LPDB, LPMUKP, dan UMKM PEMDA.

Airlangga berharap masyarakat tetap optimis menghadapi krisis ekonomi dalam masa pandemi COVID-19 ini. Masa seperti ini, lanjutnya, justru menjadi kesempatan untuk bekerjasama antara dunia usaha UMKM dengan pemerintah. Ia percaya bahwa entrepreneur Indonesia mampu melewati masa krisis ini.

"Pemerintah berharap bahwa kita optimis karena optimisme itu adalah yang bisa menyelesaikan pekerjaan dan kamu percaya bahwa entrepreneur itu selalu dan selalu di atas rata-rata dan kemampuan di atas rata-rata inilah diharapkan untuk mencari jalan keluar di tengah situasi yang tidak menguntungkan ini," pungkasnya.*

Pengunjung : 51

Berita Utama Lainnya

MENDIKBUD PASTIKAN AN DIUNDUR SAMPAI SEPTEMBER

Nasional

  • Wednesday, 20 January 2021