logo megas-online.com

MINIMALISIR POTENSI PENULARAN COVID-19, RUMAH SEHAT SIDOARJO SEMPROTKAN DESINFEKTAN DI BLURU

  • Wartawan: Pramono | Editor: Luddy Eko

  • Wednesday, 28 July 2021

Para relawan dari Rumah Sehat Sidoarjo dan YDSF saat melakukan penyemprotan cairan Desinfektan di Bluru.

Sidoarjo, Megas-online.com: Komunitas Rumah Sehat Sidoarjo yang bekerjasama dengan Yayasan Dana Sosial Al Falah (YDSF) menggelar penyemprotan cairan desinfektan di lingkungan RW 14 Desa Bluru Kidul Kecamatan Sidoarjo, Rabu (28/07/2021) pagi tadi.

 

Ketua Komunitas Rumah Sehat Sidoarjo, drg Dwi Wahyu Indrawati, M.Kes., Sp.Perio. mengatakan aksi ini dilakukan setelah adanya permintaan dari pengurus RW setempat. Pasalnya banyak warga yang bermukim di kawasan tersebut yang terpapar Covid-19.

 

Lebih lanjut dijelaskannya, kegiatan ini semata-mata dilakukan untuk membantu masyarakat, khususnya warga setempat. “Lingkungan ini berstatus zona hitam karena informasinya ada sekitar 100 warga disini yang terpapar Covid-19,” katanya.

 

Selain itu pihaknya juga ingin berperan aktif mengurangi beban Pemerintah Kabupaten Sidoarjo untuk mencegah penyebaran pandemi Covid-19 yang sampai saat ini belum bisa dikendalikan sepenuhnya.

 

Soal kelanjutan kegiatan serupa di wilayah lainnya, perempuan berjilbab yang juga Ketua Komunitas Masyarakat Sidoarjo (KMS) itu mengatakan sangat mungkin. “Ini sudah ada permintaan dari pengurus RW 16 Bluru,” tambahnya.

 

Selain penyemprotan cairan desinfektan, Komunitas Rumah Sehat Sidoarjo juga menggelar beberapa kegiatan lain sebelumnya yang terkait dengan penanganan kesehatan masyarakat, termasuk Covid-19. Diantaranya pemberian bantuan sosial berupa sembako serta makanan dan susu.

 

Tak hanya itu organisasi sosial kemasyarakatan tersebut juga menjadi Rumah Sehat sebagai shelter isolasi bagi warga Sidoarjo yang terdampak covid agar tidak menularkan ke warga yang lain, khususnya anggota keluarga.

 

Ia berharap Komunitas yang dipimpinnya bisa menjadi contoh bagi warga lain untuk bisa bersama-sama berbagi dan membantu mereka yang sedang mendapat ujian terpapar covid. Selain itu bisa menjadi menginisiasi warga lain untuk bisa menebar kebaikan di saat Pandemi.

 

“Pesan kami, jangan menunggu kaya untuk bisa berbagi dan jangan menunggu bahagia untuk bisa tersenyum. Kami berharap, kedepan akan ada rumah sehat-rumah sehat yang lain di wilayah Sidoarjo sehingga bisa menolong banyak warga yang membutuhkan bantuan,” pungkas Dwi Wahyu.*