logo megas-online.com

INI CARANYA DIRIKAN SPBU MINI PERTAMINA DENGAN MODAL UTANG

  • Editor: Luddy Eko dari berbagai sumber

  • Wednesday, 03 February 2021

Salah satu Pertashop yang sudah beroperasi

Jakarta, Megas-online.com: Pemerintah menawarkan program Kredit Usaha Rakyat (KUR) bagi masyarakat yang berminat mendirikan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) mini resmi dari Pertamina atau Pertashop. Kredit ini bisa didapatkan melalui BRI, Bank Mandiri dan BNI.

 

Deputi Pasar Modal dan Lembaga Keuangan Kemenko Perekonomian, Gede Edy Prasetya menjelaskan inovasi kerja sama akses KUR untuk Program Pertashop bermanfaat bagi calon mitra dan masyarakat. 

 

"Potensi bisnis portofolio Pertashop sebagai lembaga penyalur energi resmi Pertamina ke masyarakat potensinya sangat bagus dan masih bisa dikembangkan inovasi layanannya," kata dia, Rabu (03/02/2021).

 

Sementara itu, Direktur Utama Pertamina Patra Niaga, Sub Holding Commercial & Trading, Mas’ud Khamid mengatakan Pertashop adalah salah satu jawaban untuk penyaluran energi hingga ke desa dan titik yang belum dilayani Pertamina.

 

Saat ini, sudah beroperasi sebanyak 1.112 unit Pertashop yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia, dan untuk 2021, ditargetkan sebanyak 10 ribu Pertashop baru akan segera beroperasi dalam waktu dekat.

 

"Pertashop adalah salah satu implementasi Program One Village One Outlet (OVOO) yang bertujuan untuk mempermudah aksesibilitas energi bagi masyarakat dengan kualitas dan harga yang sama. Pertashop akan melayani dan mendekatkan kebutuhan energi masyarakat sekaligus menggerakkan perekonomian daerah," ujar Mas’ud Khamid.

 

Lebih lanjut dijelaskannya, masyarakat ataupun lembaga berbadan hukum yang berminat menjadi mitra Pertashop dapat mengunjungi website ptm.id/MitraPertashop, dan jika membutuhkan informasi lebih lanjut terkait Pertashop  dapat menghubungi Call Center 135.

 

Adapun syarat utamanya meliputi Administrasi Persyaratan dan Kriteria Lokasi. Untuk pola kerjasamanya ada tiga tipe yang ditawarkan, Gold (210m² kapasitas tangki 3 Kilo Liter), Platinum (300m² kapasitas tanki 10 KL), dan Diamond (500m² kapasitas tanki 10 KL).

 

Mengenai standar, calon mitra dan masyarakat juga tidak perlu khawatir. Seluruh tipe Pertashop dipastikan memenuhi standar kualitas produk, standar keselamatan, dan standar operasional yang sama seperti di SPBU. Saat 

 

"Kualitas produk dan harganya sama dengan di SPBU, tangki, dispenser, dan alat lain sudah kami tes kekuatannya, alat pemadam juga tersedia untuk keadaan darurat. Terakhir secara operasional, operator akan kami latih untuk dapat bekerja sesuai standar yang berlaku," pungkas Mas’ud Khamid.*