logo megas-online.com

MENDIKBUD PASTIKAN AN DIUNDUR SAMPAI SEPTEMBER

  • Editor: Luddy Eko dari berbagai sumber

  • Wednesday, 20 January 2021

Ilustrasi: Ujian Nasional berbasis komputer yang dilaksanakan beberapa tahun lalu.

Jakarta, Megas-online.com: Setelah melalui berbagai pertimbangan yang matang, akhirnya Ujian Nasional yang sekarang berganti nama menjadi Asesmen Nasional (AN) bakal diundur ke bulan September-Oktober 2021.

 

Sebelumnya, test akhir di tiap level pendidikan itu akan mulai dilaksanakan pada Maret 2021. Pengunduran jadwal AN itu disampaikan langsung Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim dalam Rapat Kerja bersama Komisi X DPR RI secara virtual, Rabu (20/01/2021).

 

Dikutip dari laman Direktorat Sekolah Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), ada beberapa alasan yang mendasari keputusan tersebut.

 

Yang pertama adalah jumlah kasus Covid-19 yang masih belum bisa dikendalikan hingga saat ini. Karena itu Kemendikbud masih harus memastikan kesiapan sekolah penyelenggara AN memiliki sarana dan prasarana protokol kesehatan yang memadai. 

 

"Selain itu juga masalah kesiapan logistik dan infrastruktur yang optimal untuk memastikan protokol kesehatan terjaga demi keamanan siswa dan juga guru,” jelasnya. 

 

Meski begitu, ia memastikan program AN ini akan tetap dilaksanakan untuk mengetahui hasil pembelajaran dan seberapa besar gap loss yang terjadi akibat pandemi Covid-19. 

 

Buntutnya, pihak Kemendikbud akan kesulitan menentukan strategi penganggaran dan sasaran pemberian bantuan untuk sekolah yang membutuhkan. "Kita tidak ada ujian dalam skala nasional di 2020 karena pandemi Covid-19, dan 2021 pun kalau tidak dilaksanakan kita tidak punya data point baseline,” tandas Nadiem. 

 

Selanjutnya, jelas Nadiem, pada Maret-April 2021 pihaknya akan melaksanakan tahapan rapat koordinasi, sosialisasi dan pelaksanaan teknis persiapan Asesmen Nasional. 

 

Dan pada April-Agustus 2021 akan dilakukan simulasi Asesmen Nasional di satuan pendidikan. Pelaksanaan AN sendiri akan dilakukan pada September-Oktober 2021 yang hasilnya akan diumumkan pada bulan Desember 2021.* 

Pengunjung : 24

Berita Utama Lainnya

PEMBUKAAN AREA WISATA DI TRENGGALEK AKAN SEGERA DIBUKA

Jawa Timur

  • Tuesday, 23 February 2021