logo megas-online.com

SURAT KPU PUSAT BELUM TURUN, TANGGAL PENETAPAN PEMENANG PILKADA MASIH SAMAR

  • Wartawan: Pramono | Editor: Luddy Eko

  • Wednesday, 20 January 2021

Ketua KPU Sidoarjo, M Iskak

Sidoarjo, Megas-online.com: Hingga hari ini KPU Sidoarjo masih belum menerima surat perintah dari KPU pusat untuk menggelar acara penetapan calon terpilih dalam Pilkada yang diselenggarakan 9 Desember lalu.

 

“Nunggu BRPK (Buku Registrasi Perkara Konstitusi –red) turun. Dan sampai sekarang belum turun,” kata Ketua KPU Sidoarjo, Mukhamad Iskak ketika dihubungi melalui WA-nya, Rabu (20/01/2021) siang tadi.

 

Sementara itu Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Sidoarjo, Musonif Afandi mengatakan sebelumnya diperkirakan BRPK dari Mahkamah Konstitusi (MK) itu bakal terbit pada Senin (18/01/2021).

 

“Aturannya BRPK itu akan disampaikan ke KPU Pusat. BRPK itulah yang menjadi acuan dasar bagi KPU pusat untuk menerbitkan surat perintah penetapan pasangan calon terpilih pada KPU di daerah penyelenggara Pilkada,” jelasnya.

 

Selanjutnya, sesuai regulasi yang ada KPU daerah menyelenggarakan acara penetapan calon terpilih tersebut selambat-lambatnya 5 hari setelah tanggal penerbitan surat dari KPU Pusat tersebut.

 

“Tapi sepertinya kita akan menggelarnya H plus 3 setelah turunnya surat dari Jakarta itu. Tapi sebelumnya akan kami plenokan dulu terkait teknis pelaksanaannya,” ujar Musonif lagi.

 

Dan akhir dari semua kinerja KPU Sidoarjo dalam rangkaian Pilkada Serentak 2020 itu adalah mengirimkan Berita Acara kegiatan Penetapan dan SK Penetapan calon terpilih dalam berkas Surat usulan pengesahan pengangkatan pada DPRD Sidoarjo.

 

“Soal kapan acara pelantikannya, itu sudah bukan kewenangan kami lagi,” tandasnya.

 

Ditemui terpisah, Sekretaris KPU Sidoarjo, Sulaiman mengaku sudah sempat membatalkan booking hotel yang sedianya akan dipakai untuk menggelar acara penetapan calon terpilih di Pilkada Sidoarjo tersebut.

 

“Soalnya kami harus siapkan jauh-jauh hari. Tapi karena sampai sekarang suratnya belum turun ya di-schedule ulang,” imbuhnya. Dalam acara tersebut pihaknya akan mengundang seluruh unsur Forkopimda, partai politik peserta Pilkada, pasangan calon dan pihak-pihak terkait lainnya.

 

Sementara itu dari 19 Kabupaten/Kota yang melaksanakan Pilkada di Jatim, sepertinya baru pemenang di16 daerah saja yang bakal ditetapkan. Sedangkan untuk Kota Surabaya, Lamongan dan Banyuwangi masih tertunda karena masih harus berperkara di MK.

 

Di Sidoarjo sendiri, Pilkada lalu dimenangkan paslon Muhdlor Ali – Subandi yang sukses meraih 39,83 persen suara dukungan dari warga kota delta yang memberikan hak pilihnya.*

Pengunjung : 54

Berita Utama Lainnya

PEMBUKAAN AREA WISATA DI TRENGGALEK AKAN SEGERA DIBUKA

Jawa Timur

  • Tuesday, 23 February 2021