logo megas-online.com

PENGAMAT EKONOMI HARAPKAN PROGRAM VAKSINASI COVID TIMBULKAN SENTIMEN POSITIF PASAR

  • Editor: Luddy Eko dari berbagai sumber

  • Thursday, 14 January 2021

Presiden Jokowi saat mendapatkan suntikan vaksin Covid-19

Jakarta, Megas-online.com: Dimulainya program vaksinasi nasional yang dipandegani Presiden Jokowi diharapkan mampu menimbulkan sentimen positif terhadap upaya pemulihan ekonomi Indonesia di masa pandemi Covid-19. 

 

"Ketika berita vaksin COVID-19 pertama kali tiba di Indonesia pada 6 Desember 2020 lalu, pasar merespon dengan sangat positif," ujar Direktur Riset dan Program Sudut Demokrasi Riset dan Analisis (SUDRA), Surya Vandiantara Kamis (14/01/2021).

 

Salah satu indikasinya adalah menguatnya nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika. Pada 7 Desember lalu, perdagangan valas ini ditutup angka Rp 14.135 per dolar US. Patokan ini lebih baik ketimbang catatan pada 4 Desember yang masih berada di angka Rp 14.182 per dolar US. Tren positif itu terus meningkat hingga 4 Januari lalu yang sukses menyentuh angka Rp 13.903 atau menguat 279 poin.

 

Surya berharap, euforia pasca penyuntikan (injeksi) pertama vaksin pada Presiden Jokowi kemarin, dapat menimbulkan kepercayaan pasar mata uang, jika dibandingkan euforia ketika vaksin pertama kali tiba di Indonesia.

 

"Euforia kali ini diharapkan memberikan keyakinan kepada pasar bahwa pandemi COVID-19 akan segera berakhir," tutur Analis Ekonomi Politik asal UIN Jakarta ini sebagaimana dikutip dari Sindonews.com.

 

Lebih jauh lagi, Surya menambahkan euforia kali ini diharapkan mampu memberikan keyakinan kepada investor atau setidaknya 'mengerek' kembali para investor baik dalam maupun luar negeri bahwa Indonesia mampu menghadapi pandemi COVID-19 di tengah situasi ekonomi yang sedang lesu. 

 

"Sehingga aliran dana bisa masuk ke berbagai sektor yang terdampak akibat pandemi. Terutama investasi ini diharapkan bisa merambah ke sektor ekonomi yang menyerap angkatan kerja tinggi," pungkasnya.*

Pengunjung : 10

Berita Utama Lainnya

MENDIKBUD PASTIKAN AN DIUNDUR SAMPAI SEPTEMBER

Nasional

  • Wednesday, 20 January 2021