logo megas-online.com

SOAL PARKIR, KOMISI B BERI CATATAN MERAH UNTUK DISHUB SIDOARJO

  • Wartawan: Pramono | Editor: Luddy Eko

  • Wednesday, 13 January 2021

Ketua Komisi B DPRD Sidoarjo, Bambang Pujianto

Sidoarjo, Megas-online.com: Ketua Komisi B DPRD Sidoarjo, Bambang Pujianto memberikan catatan merah bagi Dinas Perhubungan Sidoarjo karena dianggap mengabaikan rekomendasinya soal target penerimaan daerah dari sektor parkir di akhir 2020 lalu.

 

“Kita sudah rekomendasikan mereka untuk ambil langkah terbaik, yang penting ada setoran dari sektor itu yang masuk ke kas daerah. Faktanya tak satu rupiahpun sampai akhir tahun anggaran lalu,” katanya saat ditemui di ruang sidang paripurna DPRD Sidoarjo, Rabu (13/01/2021) siang tadi.

 

Disisi lain ia melihat langsung tetap adanya penarikan yang dilakukan oleh para juru parkir di tepi jalan terhadap para pemilik kendaraan bermotor yang menggunakan jasanya sepanjang tahun 2020 lalu.

 

“Terus itu kemana uangnya. Apakah benar para jukir itu tidak setor atau memang ada permainan di bawah. Dan kami akan melakukan penelusuran lebih lanjut mengenai hal itu,” imbuh legislator asal Partai Gerindra tersebut.

 

Di tahun anggaran ini, Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dan Badan Anggaran (Banggar) DPRD Sidoarjo sudah sepakat untuk mematok target pendapatan dari sektor pajak dan retribusi jalan sebesar Rp 16 Miliar.

 

Meski begitu, Komisi B mengaku masih belum puas dengan penetapan angka tersebut mengingat potensi yang bisa dihasilkan dari sektor biaya jasa penitipan kendaraan bermotor di Sidoarjo bisa jauh berada diatasnya.

 

“Kami ingin ada tranparasi, berapa potensi PAD yang bisa digenjot lagi dari retribusi parkir, termasuk dari parkir di lahan pasar. Kita akan rapat lagi dengan Dishub (Dinas Perhubungan-red) soal itu,” imbuh anggota komisi B DPRD Sidoarjo, Sudjalil 

 

Ia pun menyontohkan lima pasar besar di wilayah kabupaten Sidoarjo yang bisa menjadi lumbung uang bagi daerah dari sektor parkir. Diantaranya, Pasar Larangan Candi, Pasar Porong, Pasar Taman, Pasar Krian, Dan Wadung Asih Waru. 

 

“Dan dari informasi dari Dishub, pada 7 hari pertama pelaksanaan Perda No 17 tahun 2019 tentang retribusi parkir, sudah mendapat masukan sebesar Rp 46 juta. Masa cuma segitu,” sergah politisi asal PDI Perjuangan itu.*

Pengunjung : 15

Berita Utama Lainnya

MENDIKBUD PASTIKAN AN DIUNDUR SAMPAI SEPTEMBER

Nasional

  • Wednesday, 20 January 2021