logo megas-online.com

TINGKATKAN KAPASITAS KELEMBAGAAN DESA, PEMDES SUKO GELAR BINTEK

  • Wartawan: Pramono | Editor: Luddy Eko

  • Monday, 11 January 2021

Plt Camat Sukodono (berdiri) menyampaikan paparannya dalam forum Bintek yang dikuti para tokoh masyarakat Desa Suko.

Sidoarjo, Megas-online.com: Program kerja lembaga yang disusun pemerintahan desa harus berpegang pada poin-poin dalam Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

 

Penegasan itu disampaikan Plt. Camat Sukodono Kabupaten Sidoarjo, Mukhamad Makhmud pada para tokoh masyarakat yang mengikuti Bimbingan Teknis (Bintek) dalam rangka Peningkatan Kapasitas Kelembagaan Desa yang diselenggarakan Pemdes Suko di Kota Batu, Sabtu dan Minggu (09-10/01/2021) kemarin.

 

Menurutnya, inti dari SDGs tersebut adalah menciptakan profil desa yang mampu memberikan kesejahteraan pada seluruh warganya melalui pemenuhan-pemenuhan kebutuhan dasar mereka. “Kalau semua desa sejahtera, maka negara akan sejahtera. Kalau desa aman, negara juga aman dan nyaman,” tandasnya.

 

Karena itu setiappersonel dalam pemerintahan desa harus mampu menciptakan program yang memenuhi standar tersebut. Mulai dari pemenuhan hak kesehatan, pendidikan, kesetaraan gender, lingkungan yang aman serta nyaman dan sebagainya.

 

Selain Makhmud, kegiatan yang diikuti oleh sekitar 100 orang dari unsur perangkat desa, anggota BPD dan LMD, relawan satgas Covid desa serta pengurus RT dan RW itu juga menghadirkan beberapa pembicara lainnya. Diantaranya Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Mulyawan. 

 

“Kami juga hadirkan Pak Misbakhul Munir Sekretaris Dinas Sosial dan Direktur LSM CePaD (Center For Participatory Development-red) Sidoarjo, Pak Kasmuin,” jelas PJ Kades Suko, Sigit Pratikno yang ditemui seusai acara.

 

Menurutnya, kegiatan ini diselenggarakan untuk memberikan tambahan pengetahuan dan wawasan baru bagi para tokoh masyarakat di desanya yang memiliki kebijakan dalam menentukan arah pembangunan desa. “Kami hanya bisa berharap semoga acara ini bisa membawa manfaat bagi semua yang hadir,” katanya. 

 

Dalam kesempatan itu Sigit juga menyampaikan terima kasih pada seluruh warga desa Suko atas kerjasama yang sudah terjalin selama ia menduduki posisi tersebut sejak setahun lalu. “Saya juga minta maaf jika ada kesalahan,” ujar staf kantor kecamatan Sukodono itu yang akan mengakhiri masa jabatannya pada akhir Pebruari mendatang setelah dilantiknya Kades Suko terpilih.

 

Sementara itu beberapa peserta Bintek yang ditemui terpisah mengapresiasi kegiatan yang dibiayai dengan dana Bantuan Keuangan (BK) dari Pemkab Sidoarjo untuk Desa Suko tersebut. “Bagus, pembicaranya berkualitas semua dan kami banyak mendapat informasi baru dari para narasumber,” aku Ketua RW 9 Desa Suko, Hendro.

 

Ia dan juga para pengurus RT/RW lainnya berharap program Bintek ini bisa dijadikan agenda rutin yang digelar setiap tahunnya sehingga mereka bisa mengupdate regulasi-regulasi baru terkait pemerintahan desa.*

Pengunjung : 33

Berita Utama Lainnya

MENDIKBUD PASTIKAN AN DIUNDUR SAMPAI SEPTEMBER

Nasional

  • Wednesday, 20 January 2021