logo megas-online.com

BEGINI CARA CEK PENCAIRAN BLT MELALUI EFORM.BRI.CO.ID/BPUM

  • Wartawan: Ken Ayu | Editor: Luddy Eko

  • Saturday, 09 January 2021

Ilustrasi

Jakarta, Megas-online.com: Pencairan dan penyaluran  dana Bantuan langsung Tunai (BLT) untuk UMKM Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) masih akan tersu diberikan hingga 31 Januari 2020 mendatang, hal ini sesuai dengan apa yang ditetapkan oleh Kemneterian Koperasi dan UKM RI.

"Penyaluran BLT UMKM atau Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) akan terus dilakukan hingga tanggal 31 Januari 2021," kata Direktur Mikro BRI Supari.

Penyaluran dana BLT UMKM sebesar Rp. 2,4 juta telah dilakukan pada Agustus 2020 hingga Desember 2020, dengan total nominal mencapai Rp. 18,7 trilliun.

Direktur Mikro BRI Supari, menagtakan BRI akan tetap menggunakan teknologi dalam proses penyaluran bantuan, serat memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku.

"Untuk mengantisipasi banyaknya jumlah masyarakat yang datang ke Kantor BRI kami menyediakan sistem yang bisa diakses secara real time oleh masyarakat. Jadi sebelum datang ke kantor BRI, pelaku usaha mikro dapat memastikan terlebih dahulu melalui eform BRI,” ujar Supari..

Berikut cara yang dilakukan untuk pencarian BLT menggunakan eform.bri.co.id/bpum:

Kunjungi laman eform.bri.co.id/bpum.

- Masukkan nomor KTP dan kode verifikasi.

- Kemudian, klik 'Proses Inquiry'.

Selain bisa dicek secara online, penerima BPUM juga akan diinformasikan melalui SMS oleh bank penyalur.

Setelah menerima SMS, penerima BPUM harus melakukan verifikasi ke bank penyalur yang sudah ditentukan, agar bantuan dapat segera dicairkan.

Cara Mencairkan BLT UMKM di BRI

Datang ke kantor BRI dengan membawa Buku Tabungan,

Siapkan Kartu ATM dan Indentitas lain

Penerima BPUM juga harus melengkapi dokumen terdiri dari: Surat Pernyataan, Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM), dan atau Kuasa Penerima dana BPUM