logo megas-online.com

HUJAN DERAS DISERTAI ANGIN KENCANG, POHON DAN TIANG LISTRIK DI SUKODONO BERTUMBANGAN

  • Wartawan: Pramono | Editor: Luddy Eko

  • Sunday, 22 November 2020

Petugas BPBD menangani pohon dan tiang listrik yang ambruk akibat terjangan angin di Desa Klopo Sepuluh Sukodono, Sidoarjo

Sidoarjo, Megas-online.com: Hujan deras yang disertai angin kencang pada Minggu (22/11/2020) siang tadi mengakibatkan tiang listrik sejumlah pohon di wilayah Desa Kloposepuluh, Kecamatan Sukodono, bertumbangan. 

Menurut warga setempat peristiwa itu terjadi sekitar pukul 13.30 WIB. Bukan hanya 3 pohon dan sebuah tiang listrik di tepi akses jalan utama yang menghubungkan wilayah Sukodono-Gedangan saja yang ambruk, tower di Balai Desa Kloposepuluh juga mengalami hal serupa.

Peristiwa itupun segera viral di dunia maya setelah foto dan video hasil bidikan para netizen beredar di berbagai media sosial. Karenanya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sidoarjo bisa segera mengambil tindakan dengan menerjunkan petugasnya di lokasi kejadian.

Kepala BPBD Sidoarjo, Dwijo Prawito yang dihubungi melalui HP-nya menyatakan sudah melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait dan melakukan penanganan pertama atas robohnya tiang listrik dan pohon tersebut.

Ia juga mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai terjadinya peristiwa serupa karena cuaca ekstrem diperkirakan masih akan terjadi dalam beberapa hari ke depan. Warga yang sedang berkegiatan di luar diminta tidak sembarangan memilih tempat berteduh.

“Hindari berteduh di bawah pohon, di dekat papan reklame, atau dekat tiang listrik saat hujan deras. Agin kencang atau puting beliung berpotensi terjadi di semua wilayah di Kabupaten Sidoarjo. Oleh karena itu, kami berharap masyarakat berhati-hati,” ujarnya sebagaimana dikutip dari Tribunjatim.com.*