logo megas-online.com

PENGURUS AISYIYAH CURHAT, BHS BERIKAN SOLUSI TEPAT

  • Wartawan: Pramono | Editor: Luddy Eko

  • Friday, 16 October 2020

BHS bersama Pengurus Daerah Aisyiyah Sidoarjo

Sidoarjo, Megas-online.com: Jika terpilih menjadi Bupati Sidoarjo di Pilkada mendatang, Bambang Haryo Sukartono (BHS) berjanji akan berusaha memfasilitasi dan mewujudkan kebutuhan warga kota delta. 

Pernyataan tegas itu disampaikannya di Forum Grup Diskusi yang digelar Pimpinan Daerah Aisyiyah Sidoarjo yang mengambil tema Peran Perempuan dalam pembangunan Kabupaten Sidoarjo di Hotel Luminor, Jumat (16/10/2020) siang tadi.

Dalam forum tersebut, anggota organisasi perempuan Muhamadiyah itu melontarkan banyak pertanyaan dan harapan pada calon bupati yang diberangkatkan Partai Gerindra, Golkar, PKS, PPP dan Demokrat itu.

Mulai dari kualitas pelayanan publik, termasuk di Puskesmas yang dianggap kurang memuaskan hingga keinginan pembangunan SMA Negeri baru di semua wilayah kecamatan di Sidoarjo guna memberikan kesempatan seluas-luasnya pada generasi muda Sidoarjo menempuh pendidikan yang berkualitas dan murah.

Pertemuan tatap muka dengan pengusaha dam politisi sukses tersebut juga dimanfaatkan para perempuan yang sebagian diantaranya adalah pelaku UMKM itu untuk mengadukan berbagai kendala yang mereka hadapi.

Mengomentari hal itu BHS menyebut kesulitan-kesulitan itu menjadi biang kurang pesatnya petumbuhan UMKM di Sidoarjo. Dikatakannya saat ini jumlah UMKM di kota delta hanya 248 ribu saja. 

Menurutnya angka  itu jauh lebih kecil jika dibandingkan jumlah pelaku UMKM yang ada di daerah lain di sekitar Sidoarjo. “Karenanya akan kita genjot lagi pelaku UMKM di Sidoarjo dua kali lipat,” ungkap Bambang Haryo.

Salah satu caranya adalah dengan membuka peluang bagi UMKM untuk melempar komoditasnya ke pasar luar negeri. “Sebenarnya banyak sekali produk UMKM di Sidoarjo yang memiliki potensi eksport, tapi sampai saat ini tertunda karena persoalan perijinan,” katanya.

Karena itulah ia berjanji akan menuntaskan persoalan ruwetnya birokrasi perijinan eksport bagi UMKM di Sidoarjo pada 100 hari pertama kerjanya saat menjabat sebagai Bupati Sidoarjo nanti.

Sementara itu Ketua PD Aisyiyah Sidoarjo, Zubaidah Syafi’i menyatakan tujuan dari kegiatan FGD ini adalah untuk menginventarisir sekaligus berupaya mengurai berbagai persoalan di Sidoarjo dari prespektif perempuan.

“Dan kami melihat banyak kesamaan antar program yang disampaikan BHS dengan program kerja Aisyiyah. Karena itu dalam FGD kali ini kami mengundang Pak BHS sebagai narasumber. Banyak hal yang digali dalam forum ini dan kita cari solusi bersama untuk kemajuan Sidoarjo,” ujarnya.*