logo megas-online.com

PEMERINTAH KEDEPANKAN ASAS KEADILAN DALAM DISTRIBUSI VAKSIN COVID-19

  • Editor: Luddy Eko dari berbagai sumber

  • Thursday, 15 October 2020

Jubir Satgas nasional Covid-19, dr Wiku Adisasmito

Jakarta, Megas-onlline.com: Pemerintah RI akan mengedepankan asas keadilan dalam pembagian vaksin covid-19 pada masyarakat di seluruh penjuru nusantara guna menangkal penyebarluasan virus corona. 

Namun, seperti dikatakan Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Nasional, Wiku Adisasmito, pihaknya tetap akan memberlakukan skala prioritas dalam distribusi vaksin yang akan dilakukan dalam waktu dekat.

"Pemerintah tetap akan berusaha melakukan alokasi dan mengutamakan asas keadilan," kata Wiku, Kamis (15/10/2020) sore tadi. Karena itu ia pun meminta masyarakat bersabar dan terus memantau perkembangan tahapan vaksin hingga resmi beredar di masyarakat. 

Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 99 Tahun 2020 tentang Pengadaan Vaksin, kriteria penerima prioritas sedianya sudah ditentukan. "Pada intinya perlu kami sampaikan bahwa seluruh alokasi prioritas ini akan mempertimbangkan kriteria dan prioritas penerima serta wilayah," ujar Wiku sebagimana dikutip dari viva.co.id.

Dokter spesialis penyakit infeksi ini juga mengatakan pemerintah tetap berupaya menyosialisasikan tujuan utama vaksin bagi masyarakat. Pasalnya masih banyak kelompok-kelompok masyarakat yang mempertanyakan kegunaan vaksin tersebut.

"Perlu kami jelaskan bahwa vaksin itu adalah sebuah produk zat yang dimasukkan ke dalam tubuh manusia dan ini akan menstimulasi imun sistem yang ada di tubuh manusia untuk akhirnya bisa memproteksi, melindungi manusia tersebut dari penyakit yang sedang kita lawan, dalam hal ini adalah COVID-19," tuturnya.

Nantinya vaksin tersebut akan diproduksi di dalam negeri sebagai hasil kerjasama pemerintah RI dengan sejumlah negara lainnya.

Namun ia tetap menekankan pada masyarakat untuk terus menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari sebagai benteng paling efektif untuk mencegah penularan virus corona. Yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.*