logo megas-online.com

BERI SANKSI BAGI PELANGGAR OPERASI YUSTISI

  • Wartawan: Ken Ayu | Editor: Luddy Eko

  • Wednesday, 14 October 2020

Foto Pelanggar Operasi Yustisi di Sukodono

Sidoarjo, Megas-Online.com: Operasi Yustisi kembali digelar di Kecamatan Sukodono, operasi ini dilakukan guna menekan angka penyebaran Covid-19 di wilayah Sukodono, Rabu (14/10/2020). PLt Camat Sukodono, Muhammad Makhmud mengatakan operasi yang dilakukan bersama dengan Forpimka Sukodono tengah gencar melakukan operasi yustisi yang telah dimulai semptember lalu. Operasi ini dinilai cukup efektif untuk mengurangi karena menimbulkan rasa jera bagi protokol kesehatan.  

 

Wilayah Sukodono sendiri telah tercatat 336 orang terkonfirmasi positif,224 diantaranya sembuh, dan 12 meninggal dunia data 13 Oktober 2020. Pihaknya juga menuturkan bahwa operasi ini akan dilakukan sebagai langkah sosialisasi kepada masyarakat untuk pelaksanaan protokol kesehatan selama didalam dan diluar rumah. 

 

"Setiap hari ada 2 hingga 3 titik, kami selalu melakukan sosialisasi terkait protokol kesehatan," ungkapnya. 

 

Kapolsek Sukodono Ipda Warjiin mengatakan bahwa sanksi tegas akan diberikan bagi masyarakat yang meelanggar protokol kesehatan. Selaras dengan Perda Kab Sidoarjo nomor 6 tahun 2020 terkait pengaturan berupa teguran, sanksi sosial hingga pidana ringan, terkait pelanggaran peraturan tersebut. 

 

"Dalam operasi tadi ada beberapa masyarakat yang lupa memakai masker. Padahal dia membawa masker," tegas Warjiin. 

 

pada saat dilakukannya operasi tersebut, sanksi berupa teguran dan sanksi sosial langsung diberikan kepada pelanggar berupa menghafalkan teks Pancasila dan menyanyikan lagu kebangsaan serta berupa hukuman push up.

 

"Kami sengaja memberikan sanksi berupa menghafal teks Pancasila dan menyanyikan lagu-lagu kebangsaan. Karena kami ingin mengingatkan rasa nasionalisme kepada masyarakat," ungkapnya.*